Ingatan Tersimpan di Otak. Gimana tuh?

by 02.42 0 komentar
Ingatan adalah dasar kekayaan kehidupan manusia. Why? Kalo kita ga punya ingatan tapi hidup, gimana kita bisa nginget diri sendiri,orang lain, apapun deh, masa iya hidup tanpa ingatan. Mana ada. Freak banget kan..

Ternyata, semua hal itu bergantung pada daging dan bahan pekat di antara telinga. Peniliti telah mampu melacak memori ke struktural, bahkan tingkat molekul. Hal ini menunjukkan ingatan itu tersimpan di seluruh struktur otak antar neuron.

Menurut McGill University dan Mental Health and Addiction Canadian Institute of Neurosciences, terdapat 2 cara otak menyimpan ingatan. Yaitu ingatan jangka pendek dan ingatan jangka panjang. Ingatan jangka pendek akan diterjemahkan ke dalam ingatan jangka panjang di hippocampus, daerah otak yang lebih dalam.

Menurut McGill, ingatan diputar kembali melalui hippocampus yang merupakan hubungan antarneuron. Sehingga, kalo kalian mendengar musik misalnya, maka akan dibanjiri ingatan lain. 
Pada scan otak, ilmuan melihat berbagai daerah otak bercahaya ketika seseorang sedang mengingat. *hayo ga inget-inget mantan kaan :p*
Hal ini menununjukkan ingatan mempresentasikan suatu indeks rekaman sensasi dan pikiran yang berbeda. Hippocampus akan membantu memperkuat pola koneksi yang membentuk ingatan, namun ingatan itu sendiri tergantung pada kekuatan koneksi antarsel individu.

Para ilmuwan NYU, Medical College of Georgia telah melakukan percobaan dan membuktikan bahwa menghapus atau mengubah satu molekul kimia dapat mencegah pembentukan ingatan, bahkan menghancurkan ingatan yang sudah ada.

Referensi :
http://kumpulanartikelbrownsted.blogspot.com/2013/04/bagaimana-ingatan-tersimpan-di-otak.html

Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar